Post

SBY hadiri peringatan pidato Bung Karno

Oleh Linda T. Silitonga
Published On: 01 June 2011


altJAKARTA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini akan memberikan pidato kebangsaannya dalam acara  peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yang akan dilakukan di Gedung MPR/DPR.


Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan menginformasikan acara tersebut akan dimulai pada pukul 10.00, bertempat di Gedung Nusantara IV MPR/DPR. Presiden akan didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Dari laman resmi Majelis Permusyawaratan Rakyat menjelaskan selain SBY, dua  mantan Presiden juga akan melakukan hal sama. Presiden ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri juga akan memberikan pidato kebangsaan dalam peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945.

Dari laman resmi MPR dijelaskan susunan acara peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 dimulai pada pukul 10.00.

Setelah Ketua MPR menyampaikan pidatonya,  disusul dengan pidato kebangsaan oleh Presiden RI ke-3  Baharuddin Jusuf Habibie. Dilanjutkan  pidato kebangsaan oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Pidato Kebangsaan  terakhir disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Laman MPR menjelaskan peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945  sebagai sosialisasi tentang pilar  Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Tujuan dari Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945  untuk memperkokoh komitmen kebangsaan seluruh komponen bangsa melalui pemaknaan, pemahaman, pemasyarakatan, dan pelaksanaan nilai dari 4 pilar tersebut.

Biro Pers juga menginformasikan agenda SBY lainnya pada hari ini, yaitu menerima laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2010.di Istana Negara pada pukul 14.00. (tw)